Putih Abu–Abu (Part 2)

Hallo sahabat?? Masih bertemu dengan aku dengan kelanjutan cerita yang kemarin Putih Abu – Abu part 1 kini menjadi part 2, yuk langsung aja ini dia ceritaku…

Kelas XI Masa Aktifnya sebagai Siswa

SMK Negeri 1 Ngawi, Pemasaran smkn 1 ngawi

 

Kelas XI atau bisa disebut kelas 2 SMK ini adalah masa aktifnya seorang siswa dan siswi di SMKN 1 Ngawi. Di kelas XI inilah mulai muncul berbagai tugas yang tidak biasa di waktu kelas X, tugas yang diberikan aneh-aneh seperti membuat film, video, dll.

Kegiatan-kegiatan diluar jam sekolah seperti Ekstrakulikuler juga sangat padat kegiatannya. Di saat kelas X sering bolos dalam kegiatan Ekstrakulikuler dan itu hal yang biasa, mungkin cuman mendapatkan teguran dan hukuman dari kakak Bantara.

Di kelas XI sudah berbalik arah pemikiran kita yang dulu sering bolos, kini tidak bisa bolos karena kita dan teman-teman yang lain di kelas XI akan menjadi pengganti kakak-kakak kelas XI untuk mengurus semua Ekstrakulikuler tersebut mau tidak mau harus masuk disetiap kegiatan untuk menjadi panutan adik-adik kelasnya.

Berbicara mengenai kegiatan sekolah, di SMKN 1 Ngawi mempunyai banyak sekali Ektrakulikuler dan juga Organisasi. Ektrakulikuler tersebut antara lain basket, voli, nari, ju jitsu, mading, karawitan,Perpustakaan, PMR (Palang Merah Remaja) dan pramuka (wajib diikuti). Sedangkan Organisasinya Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah), MPK (Majelis Perwakilan Kelas), dan RISMABA.

Di sekolah kalian seperti itu tidak kegiatanya itu masih belum seberapa sih masih banyak sekali yang belum aku sebutkan lebih jelasnya akan aku jabarin aja kegiatan-kegiatanku di waktu kelas XI, ini dia.

Kegiatan Ektrakulikuler dan Organisasi

 

smk n 1 ngawi, Pengurus osis smkn 1 ngawi
Sumber gambar facebook

Kegiatan Ektrakulikuler dan Berorganisasi adalah hal yang harus diikuti oleh para siswa dan siswi SMKN 1 Ngawi, karena akan menjadi poin plus tersendiri. Ektrakulikuler adalah wadah untuk siswa menyalurkan bakatnya karena setiap anak itu berbeda potensinya ada yang malas di dalam kegiatan kelas ternyata hebat diluar kegiatan kelas. Ektrakulikuler memiliki tujuan untuk mencari para kandidat Indonesia mencari bakat , hehe..

Sedangkan, berorganisasi adalah belajar untuk menjadi menteri kecil-kecilan di sebuah lingkup sekolahan hehehe.. Karena berorganisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Karena Ektrakulikuler dan organisasi harus ada yang diikuti aku memilih:

Pengurus OSIS

SMK Negeri 1 Ngawi, Osis SMKN 1 Ngawi, Pengurus osisi smkn 1 ngawi
sumber gambar facebook

Aku memilih menjadi anggota pengurus osis bukan bermaksud untuk menjadi sosok yang banyak di kenal orang, karena secara analisa kebanyakan orang beranggapan kalau menjadi pengurus osis akan menjadi terkenal. Ini dia alasanku :

  • Belajar untuk berorsganisasi, karena berorganisasi ini sangat lah penting ketika kita berada di tengah-tengah masyarakat. Percuma kita pintar, kaya, ganteng ataupun cantik tapi tidak pandai berbaur dengan masyarakat. Karena pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial.
  • Melatih mental untuk berbicara di depan orang banyak. Berkomunikasi dengan orang adalah hal yang paling dasar untuk kita melakukan timbale balik. Tapi tidak banyak orang yang memiliki ilmu dalam berkomunikasi ini. Tidak heran, jika banyak orang yang memutuskan tali silaturahim hanya karena perkataan.
  • Belajar untuk membagi waktu dan memprioritaskan sesuatu. Ternyata jika anda menganggap remeh hal sekecil ini, akan berdampak untuk masa depan anda. Membagi waktu ini sangat penting dan harus dilatih sedini mungkin. Karena orang sukses selalu menghargai waktu.
  • Menghandle sebuah event-event besar. Ternyata menjadi panitia dalam sebuah acara itu tidak mudah. Perlu persiapan, kerja keras, dan yang pasti kerjasama tim. Dan klimaksnya adalah pada saat acara selesai dan sukses. Itu rasanya bagaikan lulus ujian dengan nilai tertinggi hehe

Itu dia alasanku untuk menjadi anggota pengurus osis, kadang Orang bertanya “Kenapa sih Rul, capek-capek ikut OSIS, Apa manfaatnya?” dan kini aku bisa menjawab karena aku merasakannya manfaatnya sekarang, yaitu lebih bisa mengatur waktuku, bisa berkomunikasi dengan banyak orang, dll.

Banyak sekali pengalaman yang didapatkan ketika menjadi anggotan pengurus OSIS SKANSA atau bisa disebut FOS (Founderation of Osis SKANSA), rasa panik ketika sudah hari H tetapi persiapan masih nol, Senang dan bangga jika acaranya sukses, sakit-sakitan setelah usia acara, berdebat karena saling berbeda pendapat, dan masih banyak sekali.

Bantara Pramuka

pramuka skansa , pengurus pramuka smkn 1 ngawi
sumber gambar @gunscout

Bantara apa sih? Barisan Tentara Rakyat? Atau Bantuan Tenaga Rakyat? hehe…  Bantara berasal kata biantara yang berati berpidato maksudnya dapat berbicara di depan orang banyak dan dapat mempertanggung jawabkannya. lebih jelasnya Bantara Pramuka merupakan tingkatan pertama dalam pramuka penegak. Syarat untuk menjadi pramuka penegak bantara minimal harus menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) dulu. didalam SKU-nya terdapat 23 poin. Banyakkan?

Untuk menjadi bantara ini bukan hal yang mudah ferguos, terdapat 23 poin yang harus diselesaikan. Kakak bantara kelas 12 adalah yang menjadi penguji tes poin tersebut. Menurut saya keberhasilan menyelesaikan 23 poin tersebut tergantung kakak-kakak Bantara kelas 12 sih hehe.. Kita harus menghadapi kakak bantara yang baik, nyebelin, dan galak.

Aku masuk ke bantara tidak sendirian, karena masing-masing kelas harus menyalurkan 10 siswa CABAN (Calon Bantara). Selain seleksi dengan poin, seleksi alam pun berlaku disini maksudnya bergugur dengan sendirinya tidak mengikuti Tesnya. Akhirnya perwakilan dari kelas XI Pemasaran 2 ada 4 Bantara Aku, Nanik Wiji Lestari, dan Hafizah Nur Hasanah, dan Karina Ayu Noviyanti.

Senang dan terharu akhirnya bisa menjadi bantara, perjuangan yang sangat panjang akhirnya terselesaikan. Pengalaman yang didapatkan tidak kalah serunya dengan Osis, malah bantara semakin seru, di dalam organisasi ini aku bisa belajar menjadi seorang pemimpin, belajar menyapaikan ilmu pramuka ke adik-adik kelas, percaya diri, mandiri,dan tentunya belajar Disiplin.

Ju Jitsu

Ju jitsu smkn 1 ngawi,
sumber gambar facebook

Ju Jitsu adalah Ekstrakurikuler beladiri yang berasal dari Jepang. Beladiri yang bisa aku bilang cukup lengkap, ada pukulan, tendangan, bantingan, kuncian, self defense, pembelaan diri wanita, serta mempelajari juga penggunaan senjata. Bisa dibilang Ju Jitsu adalah ladangnya prestasi untuk SMK Negeri 1 Ngawi. Banyak sekali prestasi yang didapatkan dari Ju Jitsu ini hingga pernah siswa SMKN 1 Ngawi bertanding mewakili kota Ngawi di ajang Asia.
menurutku beladiri hal yang terpenting untuk dipelajari untuk kita yaitu para kaum perempuan, karena tidak selamanya kita dibelakang para lelaki saja. Jangan jadi wanita yang lemah mudah ditipu daya oleh para lelaki, hehe… Betuk nggak?. Alasan itulah yang menjadikan aku ikut beladiri Ju Jitsu untuk melindungi diri dari ancaman bahaya yang akan terjadi.

Sempat tidak jadi ikut ekstrakurikuler Ju Jitsu ini karena faktor biaya yang cukup mahal mulai dari pendaftaran, latihan di luar sekolahan, kenaikan tingkat sabuk, dll. Beasiswa aku dapatkan ketika kelas XI, alhamdulillah aku bisa ikut ju jitsu dengan biaya tersebut.

Praktek Kerja

Praktek Kerja adalah sebuah kegiatan yang pasti dilakukan di setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk melatih kinerja kita sebelum masuk ke dunia kerja yang nyata. Praktek kerja di jurusan pemasaran ada 2 yaitu berada di lingkup sekolahan dan di luar sekolahan.

Skansa Mart

Skansa mart
sumber gambar google

SKANSA Mart adalah sebuah mini market kecil berbeda dengan koperasi sekolahan loh? Jadi, SKANSA Mart ini dibentuk diperuntukkan untuk Umum yaitu warga kota Ngawi dan warga SMK Negeri 1 Ngawi. SKANSA Mart memang sengaja dibentuk untuk sebagai wadah pelatihan siswa SMK jurusan Pemasaran untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari di kelas, seperti display produk, memberi label harga, menghitung laba, menghitung stock opname, dan masih banyak lagi. kegiatan ini dilakukan setiap hari bergilir 2 orang 1 hari mulai dari kelas Pemasaran 1-2.

Praktek Kerja Luar Sekolahan (Luwes)

luwes ngawi
sumber gambar google

Praktek Kerja Luar Sekolahan adalah Kegiatan praktik kerja yang dilakukaan di semua jurusan, tidak seperti SKANSA Mart tadi yang hanya anak pemasaran saja. Setiap jurusan tidak sama waktunya dan tempatnya. Jurusan TEI yang mengawali kegiatan prakerin tersebut, selanjutnya TKJ, AK, AP, dan terakhir PM.

Ada 5 pilihan tempat yang digunakan untuk prakerin oleh siswa Pemasaran yaitu Luwes Ngawi, Tiara Ngawi, Luwes Sragen, Skansa Mart, dan di Jogja. Semua terserah siswanya mau memilih yang mana dan diizinkan orang tuanya.Aku pingin ke Sragen sebenarnya, tetapi Ibuku menyuruh aku untuk yang dekat-dekat saja, dan Luwes Ngawi adalah tujuanku.

Di Luwes Ngawi aku tidak sendirian, tetapi bersama Mella, Juita, Karina dan teman dari kelas lainnya yaitu PM 1 dan 2. sekitar 3 yaitu Bulan Oktober-Desember aku prakerin/magang di Luwes Ngawi di bagian stand underware.

Selain mendapatkan Pelatihan bagaimana melayani customer, mendisplay produk, aku di Luwes Ngawi mendapat kakak-kakak baru yang baik-baik dan sangat perhatian sama aku. Siapakah itu? itu adalah Mbk Hesty, Mbk Kiki, Mbk Binti, dan Mbk Sinta. Mereka mengajari aku penuh dengan ikhlas tidak pernah tuh memarahin aku, hehe.

Tidak kusangka ketika perpisahan prakerin aku mendapatkan hadiah dari mereka yaitu “Mukena” dan sepucuk surat motivasi untuk aku.Terimakasih Mbk kalian sudah aku jadikan kakak aku sendiri.

Kunjungan Industri (KI) dan Study Tour

Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex)

sritex
sumber gambar www.industry.com

Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) adalah industri produksi kain terbesar di SOLO beralamat Jalan K.H. Samanhudi No. 88, Jetis, Sukoharjo 57511, Solo, Jawa Tengah – Indonesia.
Bapak Luminto adalah Pendiri SRITEX, Orang yang dijuluki sebagai raja batik itu dulunya hanya seorang pedagang di Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah. Ia mulai berbisnis tekstil sejak usia 20 tahun, tepatnya pada tahun 1966. Usai peristiwa G30S-PKI, pemerintah Orde Baru melarang segala sesuatu yang berhubungan dengan etnis Cina. Sumber info www.bisnis.tempo.com.

Di Sritek kita diperkenalkan mulai dari company profile, bagaimana pemasarannya hingga proses produksi.

Pantai Parangtritis

pantai parantritis di jogja
sumber gambar google

Acara selanjutnya yaitu study tour di Pantai Parangtritis Jogjakarta, tetapi sebelumnya rombongan kita mampir terlebih dulu ke Restoran Makan. Perjalanan dari Sritex ke Jogja membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 1 jam. Kita sampai di Pantai sekitar sore tepat sekali untuk melihat sunset pantai Parangtritis, Sungguh Pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Usai sudah ceritaku “Putih Abu-Abu part 2” nantikan series selanjutnya ya….

Tinggalkan komentar