Putih Abu-Abu (Part 1)

Putih Abu – Abu Di Waktu SMK (Part 1) – Ketika memakai seragam putih abu – abu ada hal yang tersendiri dirasakan di setiap orang. Bangga dan senang menjadi satu karena kurang 3 tahun lagi masa pendidikan yang diwajibkan pemerintah sudah usai. Putih abu – abu menjadi saksi akhir perjuangan belajar kita.Banyak sekali pengalaman yang di dapatkan diwaktu SMK, canda, tawa, duka menjadi satu. Terkadang inginku kembali ke masa putih abu – abu yang hanya mengenal belajar, tugas, dan juga sedikit mengenal tentang Cinta.

Berfikir mengenai pengalaman masa lalu mungkin ada pengalaman menyenangkan dan menyedihkan, mungkin terkadang jatuh menyerah dan juga ada waktunya untuk bangkit kembali. Hari ini akan aku ceritakan Putih abu-abu ku di tulisan ketigaku ini.

Perjuangan Masuk ke SMK Negeri 1 Ngawi

 

Putih Abu – Abu Di Waktu SMK (Part 1)- SMK Negeri 1 Ngawi dengan nama lain SKANSA adalah sekolahan ku di waktu SMK. Beralamat Jl.Teuku Umar No.10 Ngawi tepatnya di tengah-tengah perkotaan kota Ngawi dan selatannya alun – alun kota, biasanya masyarakat ngawi memberikan nama “Lor Alun – alun” disingkat LA.

Aku masuk di SMK Negeri 1 Ngawi ini butuh sekali perjuangan. Awal masuk aku memakai jalur tes tulis dengan mengambil Prodi TKJ (Teknik Komputer Jaringan) Oh iya di SMK Negeri 1 Ngawi ada 5 prodi yang bisa diambil yaitu antara lain :

  • Administrasi Perkantoran (AP)
  • Akuntasi (AK)
  • Pemasaran (PM),
  • Teknik Kmputer Jaringan (TKJ)
  • Teknik Elektronika Industri (TEI)

Aku memilih TKJ karena aku suka dengan hal yang berbau teknologi, ilmu yang pasti dan tidak bermuluk-muluk, seperti itu sih menurutku.

Tes diadakan dengan materi Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA, seperti Ujian Nasional seperti itu. Pengumuman 2 hari setelah dilaksanakannya tes itu, Deg-deg ser dan takut menjadi 1 karena aku takut tidak keterima. Alhasil air pun menetes tubuh terasa lemas tidak bisa kembali pulang ke rumah ketika aku mengetahui aku tidak keterima di SMK Negeri 1 Ngawi. 🙁

Aku tidak menyerah sampai disitu aku menunggu Tes yang kedua dan sekaligus harapan satu-satunya untuk ku bisa keterima disitu yaitu tes jalur nilai UN. Karena terlalu takut jika tidak masuk aku mendaftar bercabang di SMKN 1 Kasreman, SMK yang sangat dekat dengan rumahkan cukup 10 menit aku bisa sampai ke tujuan.

Nilai Ujian Nasional 29, 00 dengan mendapat peringkat ke- 5 dari urutan Nilai UN tertinggi, menjadi modalku untuk masuk ke SKANSA. Berkas sudah siap untuk aku kirim ke SMKN 1 Ngawi dan juga SMKN 1 Kasreman. Aku di SKANSA memilih jurusan pemasaran saat masuk di jalur nilai UN ini, trauma mau memilih jurusan TKJ karena persaingan yang banyak dan takut untuk tidak masuk, teringat ini adalah satu-satunya kesempatan terakhirku. Akan tetapi berbeda dengan yang di SMKN 1 Kasreman aku memilih jurusan TKJ, karena aku yakin pasti keterimanya aku disitu.

Waktu mulai berjalan seiring doa yang aku panjatkan agar bisa keterima di SKANSA. Sekitar 1 Minggu aku menunggu hasil dari pengemuman tersebut dan Finally aku bisa keterima di SKANSA, Alhamdulillah rasa senang dan sedih menjadi satu, Senang bisa keterima dan sedih karena bisa keterimannya jurusan Pemasaran. Tetapi aku masih tetap senang yeee…. akhirnya aku bisa masuk di Sekolah Terfavorit Se- kota Ngawi

Kelas X Masa Polosnya Kita Semua

Putih Abu – Abu Di Waktu SMK (Part 1) – Masa polos-polos iya Bener aku merasa berada dalam masa polosnya aku diantara kakak-kakak kelas di sana dan anak- anak baru yang kebanyakan anak kota dengan bergaya elit, sedangkan aku dari anak desa yang berpenampilan seadanya, nggak kebayang deh pokoknya kalau dibayangin.Aku bersikap PD aja diantara mereka hehehe….

di kelas X adalah awal-awal aku mendapat hal yang baru, teman baru, guru baru, materi baru, gaya baru, sampai-sampai nama yang aslinya Nurul khasanah jadi baru juga yaitu.., penasaran? Yuk aku kenalin hal yang baru itu.

Teman Baru dari Penjuru Kota Ngawi

Putih Abu – Abu Di Waktu SMK (Part 1) – Pemasaran mempunyai 3 kelas dengan masing-masing kelas berisi 32. Teman baru yang pertama kali aku kenal adalah Muryanti, karena dulu emang satu sekolahan di SMP wkwkwk.., Kemudian siapa ya? Aku lupa…aku sebutkan aja ya mereka.. ini dia..

Hafizah Nur Hasanah, Mella Novika Sari, Juita Ida Sari, Karina Ayu N, Kiki Ayuningsih, Innes Agustin, Henny Septi, Indriani Tri W, Nanik Wiji L, Kartini, Fidya Nor Rohmawati, Irene Tengku M, Ova Sri Lestari, Muryanti, Novita Sari, Inggrit, Enggar, Fivi Mei, Neneng Astuti, Ida Yuliani, Ethika, Erly Rumi, Itis, Eva Tri Tona, Eva Avivi, Lely, Noermala, Melinda, Fitria Ningrum, Eny, Liya, Maratus Faiza.

Itu dia teman-temanku yang dari pelosok kota Ngawi ada yang dari Paron, Geneng, Gerih, Kedunggalar, dan ada juga yang jauh-jauh dari Blora yang masuk ke Peprov. Jawa Tengah yaitu Hafizah.

Guru Baru yang Kece dan Keren-keren

jasa guru di smkn 1 ngawi
sumber gambar www.unsplash.com

Putih Abu – Abu Di Waktu SMK (Part 1) – Guru adalah tokoh utama yang berada di lingkup suatu sekolahan tanpa adanya seorang guru tidak mungkin dinamakan sekolahan, betul nggak? SMK Negeri 1 Ngawi adalah sekolahan yang terkenal dengan se-gudang Prestasi itu karena dari guru-guru yang sudah Profesional. Bersyukur sekali aku dipertemukan dengan beliau.

Guru di SMK berbeda dengan guru SMP, SMK terbagi menjadi 2 yaitu guru prodi dan guru Umum, Guru prodi yang akan mengajari materi tentang Jurusan Pemasaran sedangkan Guru umum mengajarkan Pelajaran umum seperti matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris, Agama, PKN, Sejarah, dll. Jumlah guru sekitar 50 lebih, karena setiap kelas X, XI, dan XII guru umumnya pasti berbeda.

Guru Prodi di Jurusan Pemasaran berjumlah 6, Berbeda dengan TKJ dan lainnya karena materi pelajaran Pemasaran sangatlah luas cangkupan nya. 6 Guru tersebut Yaitu :

  • Bu Markanti ( Guru yang lucu dan menggemaskan, sering ngantuk kalau diajar beliau, hehehe…)
  • Bu Mukti ( Guru yang super Ideal, ideal dalam hal penampilan dan dalam mengajarkan materi kepada muridnya)
  • Bu Retno (Guru yang tegas dalam mendidik murid-muridnya)
  • Bu Rindang ( Guru yang kalau mengajar pelan sekali suaranya, hingga aku harus benar-benar memperhatikan disaat menyampaikan materi)
  • Pak Sugeng (Pak Guru yang baik dan santai jika mengajar)
  • Pak Singgih (Guru sekaligus ketua prodi dalam jurusan Pemasaran)

itu saja ya perkenalan dari guru-guru saya yang paling Keren dan kece, guru yang umum nggak aku sebutkan nanti malah jadi Buku Tahunan Siswa, wkwkkwk…

Materi di balik Jurusan Pemasaran

Pemasaran di smkn 1 ngawi membawa cerita putih abu-abu
sumber gambar www.pixabay.com

Putih Abu – Abu Di Waktu SMK (Part 1) – Ternyata pemasaran bukanlah materi yang membosankan, cukup luas materi nya. Aku dulu sebelum masuk ke SKANSA berfikiran “Nanti kalau udah lulus SMK apa aku jadi seles ya?”. sebuah pertanyaan yang muncul dari diriku saat itu, tetapi itu semua bukanlah tujuan dari jurusan pemasaran. Anak pemasaran adalah penerus calon pengusaha muda. Pemasaran bukanlah belajar tentang memasarkan sebuah produk saja, memang itulah tujuan dari pemasaran yaitu menjual produk dan produk itu harus terjual, tetapi yang dimaksud produk itu adalah produk kita sendiri bukan produknya orang lain.

Pemasaran emang dulu dianggap remeh oleh anak-anak jurusan yang lain. Miris banget kan, mereka mengira jurusan pemasaran pelajarannya hanyalah berjualan dan menjadi seles. Zu’udzon bukan, tetapi itu adalah sebuah analisa yang aku dapatkan setelah masuk ke jurusan pemasaran. tidak hanya anak-anak jurusan saja tetapi guru-guru umum juga beranggap hal yang sama, karena guru-guru lebih kebanyakan suka dengan anak-anak jurusan yang lain karena kalau diajar selalu memperhatikan, tidak seperti anak PM yang selalu ramai. Di dalam berorganisasi pun juga sama anak pemasaran tidak terlalu dipercayai jika mendapat sebuah jabatan, pasti hanya sebagai pupuk bawang dalam sebuah organisasi, itu yang aku rasakan ketika 2 tahun ber organisasi di pengerus Osis SKANSA. So, itu semua menjadi tantangan untuk anak PM yang dipandang sebelah mata oleh mereka.

Oke kembali ke topik tadi ya Materi dibalik jurusan Pemasaran, apa aja sih? Penasaran ini dia materi-materi nya, yang aku cantumkan ini adalah materi ketikan kelas X, karena setiap naik kelas selanjutnya pelajaran akan berganti lagi.

1. Dasar Pemasaran

Materi yang harus di pelajari antara lain Pemasaran dan Penjualan, kebutuhan konsumen, klasifikasi produk, pasar sasaran, kebiasaan membeli dan motif pembelian, perilaku konsumen dan keputusan pembelian.

2. Teori Perencanaan Pemasaran

Materi yang harus di pelajari antara lain Perencanaan pemasaran, rencana produksi, perencanaan produk baru,tahapan perencanaan produk baru.

3. Teori Lingkungan Pemasaran dan Perencanaan Harga

Materi yang harus di pelajari antara lain Lingkungan pemasaran, perencanaan penetapan harga, strategi penetapan harga, metode penetapan harga, penetapan harga pada perusahaan manufacturing
(Industri), perhitungan harga pada perusahaan dagang.

mungkin itu sekilas materi yang harus dipelajari ketika mulai masuk di jurusan pemasaran, agak bingung sih karena pelajarannya semacam pelajaran ekonomi yang lebih mendetail. intinya dalam mempelajari jurusan pemasaran adalah harus banyak membaca dan menganalisa sebuah usaha untuk bisa kita lihat strategi pemasaran nya, pasar sasarannya, dll. So, aku di pemasaran bukan untuk belajar menjadi sales akan tetapi belajar untuk menjadi pengusaha Enterpreneur yang sukses dan Mandiri. Amiin… Akan aku buktikan hal tersebut menjadi seorang pengusaha digital printing dan pengusaha online yang sukses, akan aku terapkan ilmu yang dari pemasaran dalam membangun usaha ku ini.

Oke cukup sekian aku bernostalgia tetapi tunggu kelajutannya ya yang part 2 pastinya bakalan seru karena di part 2 aku akan menceritakan kisah putih abu – abu ku ketika di kelas XI.

Tinggalkan komentar