Ini Tulisan Pertamaku, mana Tulisan Kalian

Mungkin setiap orang mempunyai potensi yang berbeda karena tidak mungkin hidup itu bisa sempurna tanpa adanya yang melengkapi perbedaan tersebut  . Potensi? Apa sih Potensi itu, Potensi adalah sesuatu kemampuan yang dimiliki seseorang bisa dikatakan potensi adalah kehidupanya, kemampuan yang dia miliki tersebut tidak akan bosan dan jenuh jika mengerjakannya. Seseorang yang telah menemukan potensinya akan terus mencari tahu ehh maksudnya mencari tau segala hal yang bisa meningkatkan kemampuannya.

Kutemukan Potensi ku

sesorang yang sedang menggambar , seorang desian grafis, desain grafis, coretan kertas
sumber gambar www.pixabay.com

Berbicara mengenai potensi saya baru menemukan disaat bangku perkuliahan yaitu D1 di MEC Surabaya jurusan Desain Grafis atau bisa dikatakan nama bekennya DKV (Desain Komunikasi Visual). MEC adalah sebuah Lembaga pelatihan 1 tahun yang dibentuk oleh Laznas Yatim Mandiri. Bersyukur sekali saya dipertemukan dengan tempat ini sebuah tempat yang hanya satu tahun tetapi menyimpan sejuta cerita.

Tidak terbayang dan diluar planning saya, yaitu masuk di MEC. MEC yang sebelumnya tidak pernah tau itu tempat apa dan sempat ragu untuk masuk ke lembaga tersebut. RAGU…. Iya Ragu karena awalnya saya memplanningkan harus masuk ke Universitas yang saya inginkan yaitu ISI Jogja, ISI Surakarta, Unnes intinya Universitas yang berada di Jawa Tengah. Keraguan itu akhirnya sirna beriringnya waktu yang menunjukkan saya untuk masuk ke MEC.

Kembali ke awal pembicaraan kita ya…. yaitu potensi, jadi kalian sudah tau kan potensi saya itu apa. Desain Grafis ya itu menurut saya potensi saya ,kenapa kok kamu bisa mengatakan itu potensi kamu? ehmm.. apa ya karena jika saya mendesain saya merasakan hal tersendiri yaitu sangat lah senang dan tidak bosan. Begadang hingga tengah malam ataupun hingga fajar muncul pun sudah menjadi rutinitas saya untuk mendesain menghasilkan sebuah karya tersebut. Menurut saya mendesain itu butuh mood yang bagus dan so, malam adalah waktu yang tepat untuk menangkap ide – ide yang akan aku visualisasikan ke dalam karya.

Mengambil jurusan Desain garfis adalah sudah menjadi mimpiku dulu.. sebelum lulus SMK. Rasa penasaran terhadap karya – karya sebuah desain seperti Brosur, Poster, Flayer, Vektor wajah, dll sudah muncul ketika masih dibangku SMK dan dimulai dari situ aku sudah mulai belajar mendesain mencari tutorial – tutorial desain sendiri di youtube dan Alhamdulillah kini saya bisa belajar langsung dengan para ahlinya yaitu Dosen MEC.

Rasa Penasaranku yang Mulai Terungkap

anak kecil yang sedang belajar, belajar mencari potensi did, mencari potensi
sumber gambar www.unsplash.com

Rasa penasaran saya tidak berhenti sampai disitu saja, rasa penasaran muncul kembali ketika Banyak orang mendapatkan uang dengan mudahnya melalui media gadget iya gadget sebuah benda mati tetapi bisa menghubungkan banyak orang, jika tangan kita lincah memainkannya. So, saya penasaran sekali dengan hal tersebut.

Kembali lagi aku mencari tau dan bekerja sama dengan mbah google. istilah – istilah baru muncul ketika search “ mencari uang di internet” yaitu membuat blog, membuat website afiliasi, membuat Website E- Commerce, menjadi reseller web hosting, menjual website, dan masih banyak lagi.

Muncul kembali pertanyaan… Dari tulisan menjadi uang? Kok bisa? kembali aku search “Cara mendapatkan uang lewat website” dari hasil pencarian muncul Seperti google adsense, admob, popcash, iklan mandiri dan sebagainya. Kemudian setelah saya selidiki dengan berbagai referensi ternyata website tersebut dapat uang dari iklan iklan yang muncul di website mereka.

Rasa penasaranku tentang website masih berlanjut hingga usiaku beranjak 20 tahun, ya 20 tahun si penulis blog ini sudah berumur kepala 2… Tapi usia tidak membatasi untuk mencari ilmu… Betul kan?

Mencari ilmu tidak dibatasi oleh usia setelah lulus dari MEC tahun 2018, saya berlanjut ke pendidikan  ke Pondok Modern. Kenapa saya memilih pesantren yang modern karena saya ingin belajar ilmu Teknologi tanpa melupakan Ibadah saya. ingin saya mengatur waktu lebih baik lagi Amiin….

Nama Pondok Pesantern itu adalah Badrusallam dengan nama lain SINTESA tentang hal ini, saya akan kutip penjelasan dari beliau yang mendirikan pondok pesantren modern ini yaitu Ibrahim Vatih. Pondok pesantren ini beralamatkan di Dusun Jaranan Desa Ngadirejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan JawaTimur.

Disinilah saya dipertemukan orang – orang hebat, orang yang berkecipung di dunia online. Youtuber, Publisher, Fotografer dan seorang penulis terkenal berada disini.

Alhamdulillah saya bisa ada dilingkup meraka aku bisa belajar dari mereka tidak hanya membuat website saja, tetapi masih banyak lagi yang bisa diambil pelajaran dari sana tentang menjadi Youtuber, cara menjadi Contributor Shutterstock, dll.

 

Memulai Hal yang Baru

seseorang yang sedang mengetik, mengetik, ketikan kata
Sumber gambar www.unsplash.com

15 Februari 2019 adalah awal saya masuk ke Sintesa dengan bekal tekad dan semangat. Saya yakin dengan adanya saya di Sintesa “ Kaki saya untuk melangkah sukses tinggal kaki kiri saja “ ujar Ustad Vatih pendiri Sintesa.

Pembelajaran di sintesa diawali dengan motivasi – motivasi dari Ustad Vatih sedikit kutipan dari beliau “ Mencari uang itu mudah, yaitu dengan harus tau bagaimana caranya dan niat yang benar” itulah pesan beliau kepada murid – muridnya.

Berlanjut ke pelajaran install website yang begitu rumit harus mengetahui 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa pemograman. Tetapi, menurut saya ini lebih rumit daripada menginstall coreldraw maupun photoshop.

Menulis adalah pelajaran selanjutnya setelah menginstall dan mengatur tampilan website. sulit atau mudah kah menulis itu? hal tersebut adalah suatu pertanyaan terbesar sebelum aku masuk ke Sintesa… hampir saja aku menyerah untuk tidak berlanjut mencari Ilmu,  tetapi kembali ke awal topik tadi Rasa penasaranku harus aku cari dan Sintesa adalah salah satu jalannya. So, aku akan menghadapi semua yang menjadi bebanku disaat di Sintesa salah satunya ialah Menulis.

Hari demi hari aku lewati dengan tenang masih dalam pelajaran install – install dan edit tampilan. Dan kini tiba saatnya saya mulai mendapat tugas menulis pengalaman Hidupku selama 19 tahun aku hidup.  Humb banyak sih sebenarnya pengalaman ku di waktu kecil sampai aku beranjak dewasa ini, tetapi aku harus memulai ceritanya dari mana?? Aku tidak Tau.

Cerita harus 1000 kata dengan 3 gambar dan 3 Sub topik. Mulai deh aku search ” Cara menulis pengalaman Pribadi” yang muncul adalah :

  1. Tentukan judul sebelum menulis
  2. Buat Poin – poin yang ingin anda ceritakan
  3. To the poin saja
  4. Gunakan semua indra dalam proses menyusun cerita
  5. Menulis seperti berbicara

Aku terapkan 5 tips dan Trik tersebut dan Jrenggg….. ini Tulisan Pertama ku sudah mencapai 1000 kata dengan proses 1 hari. Alhamdulillah akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas ini. Antara sadar dan tidak sadar aku bisa menulis hingga 1000 kata ini. Saya adalah tipe orang yang tidak terlalu suka dengan banyak kata dan juga terlalu banyak berbicara dengan kata. Visual adalah cara saya mengekpresikan rasa saya kepada seseorang, tidak dengan kata atau pun ucapan. Menulis menjadi musuh terbesar saya tetapi kini aku bisa melakukannya.

Dari sini aku belajar , “Orang sukses akan mengambil kesulitan sebagai peluang, orang gagal memandang kesulitan sebagai penghambat dirinya”. So, jangan jadikan Kesulitan dan rasa ketakutanmu menghambat dirimu untuk mencapai kesuksesan.

Terimakasih jika ternyata ada yang membaca cerita saya tentang “Tulisan Pertama ku” ini sampai terakhir. Jika ada salah kata maupun pengejaan katanya ya wajar ini Tulisan pertama ku he..he..he…

Tinggalkan komentar