Pengalaman di MEC Surabaya “kids Jaman Now”

Pengalaman di MEC Surabaya – Hallo teman kali ini aku akan memposting cerita pengalaman ku selama aku di MEC Surabaya. apa sih MEC? banyak orang- orang yang belum tau apa itu MEC ya jadi MEC singkatan dari Mandiri Entrepreneur center yaitu sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan bagaimana menjadi seorang pengusaha muda yang Mandiri.

Pengalaman di MEC Surabaya – MEC itulah tempat dimana aku tidak tahu sebelumnya itu tempat apa, dan ternyata tempat inilah aku bisa mencapai kesuksesas, bisa membahagiakan orang tua ku.aku tidak tahu apa skenario tuhan untuk aku ini, tetapi alhamdullilah tuhan masih sayang denganku yang telah menakdirkan aku menjadi mahasiswi di MEC (Mandiri Entrepreneur Center) yang berada di Jl.Jambangan, No.70 Surabaya. Saya sangatlah bangga dan senang bisa diterima di mec sungguh banyak pengalaman yang terukir di mec ini dari awal pertama masuk bertemu dengan teman – teman ada yang dari palembang,  Riau, Makassar, Madura yang itu semua menggunakan bahasa yang beragam membuat aku bingung mendengarkan percakapan mereka.

DSC_0440
MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) – 28 Juli 2017

Pengalaman di MEC Surabaya -Awal pertama masuk seperti biasa yaitu MOPD, MOPD kali ini tidak sama dengan yang MOPD yang pernah saya lakukan  di SMP maupun SMK yang hanya tepuk yel-yel, company profile sekolahan, dll tetapi di MEC kita diberikan banyak wawasan, pencerahan, dan belajar bagaimana kita lebih mengenal potensi diri kita sendiri, penyampaian materi yang diberikan juga tidak sembarangan orang tetapi orang – orang sukses yang mempunyai pengalaman yang luar biasa yang bisa dijadikan contoh untuk kita.

Mec mempunyai 3 program yang menjadikan acuan untuk kita di dalam kelulusan nantinya sekaligus menjadi modal untuk kita menggapai kesuksesan dunia maupun akhirat. Ketiga program tersebut mungkin hanya ada di mec ini saja dan jarang diterapkan di lembaga lainnya. So, penasaran kan 3 program itu apa saja?? Okkey kita lanjutkaan program itu antara lain

Pengalaman di MEC Surabaya (Akademik)

desain grafis angakatan 13
Desain Grafis Angkatan 13 – 13 Oktober 2017

Pengalaman di MEC Surabaya – Akademik merupakan program yang paling penting diantara 3 program tersebut, akademik itu sendiri di mec ada 5 jurusan yang pertama Desain Grafis, TKJ, Kuliner, Akuntasi, dan otomotif tetapi otomotif tempat kuliahnya tidak satu lingkup dengan jurusan yang lainnya.

Aku di MEC mengambil jurusan Desain grafis alhamdulillah… sungguh aku tidak menyangka bisa diterima di jurusan ini karena jurusan ini banyak peminatnya dan terbatas kuotanya. Desain grafis mungkin banyak yang belum mengenal dengan istilah ini ibuku pun tidak tahu apa itu desain grafis dan saat aku memutuskan untuk mengambil jurusan ini ibuku hanya iya… iya saja semua diserahkan kepadaku. Aku mengambil jurusan ini sebab aku mempunyai bakat menggambar yang mungkin cocok masuk ke desain grafis.

Aku masuk ke desain grafis tidak sendirian ada 14 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai daerah antara lain

  • Ayu dan Nina dari Palembang
  • Hafifah dan Udin dari Kediri
  • Joko dari Tumenggung
  • Array dan Ziah dari Surabya
  • Catur dari Lamongan
  • Intan dari Sidoarjo
  • Dian dari Mojokerto
  • Siti Khotimah dari Riau
  • Zainuri dari Tuban

Awal pertama masuk sudah diajarkan pentol hahaha… entahlah apa itu pentol yang aku tahu pentol itu sebuah makanan bulat yang enak dimakan.. tetapi pentol di dunia desain grafis ini beda, jadi anak desain itu harus mengusai pentool dulu latihan yang paling dasar yang digunakan pada corel draw dan photoshop.

dosennya di desain grafis tidak kalah keren dengan dosen jurusan yang lain ada Pak Anwari yaitu dosen sekaligus motivator untuk anak desain grafis “ mangset” itulah kata- kata yang sering dikeluarkan pak anwari untuk membangkitkan semangat kita.

dosen yang kedua yaitu Pak Sabar  dari namanya saja “ Sabar” sesuai dengan namanya pak sabar inilah salah satu dosen yang paling sabar diantara dosen mec yang lainnya, tidak pernah beliau marah, marah pun terkadang sembari dengan tertawa jadi antara marah dengan tidak marah sama saja.

selanjutnya dosen yang ketiga yaitu Pak Arofat dosen yang desainer muda dan desainer terbaik kedua SE-PEMPROV JATIM. Sungguh sangat bersyukur aku bisa kuliah disini walaupun biayanya gratis, dari fasilitas, dosen pengajar, semuanya sama seperi kuliah dengan biaya.

IMG_5889
Academic Awards Lomba Poster – 8 Desember 2017

Pengalaman di MEC Surabaya- Sudah 1 semester aku belajar mendesain dengan jerih payah menciptakan ide- ide dan itu semua tidak sia- sia , alhamdulillah karena ketekunanku aku mendapat nilai IPK terbaik di jurusan Desain grafis dengan IPK 3,78 selain itu aku juga mendapat tropy dari lomba poster academic award, Ya ALLAH tidak kebayang mendapatkan itu semua.

Pengalaman Keasramaan di MEC Surabaya

DSC_0573

Pengalaman di MEC Surabaya – Yah..inilah program yang menurutku aku sangatlah kurang menguasai menurutku wajar aku tidak begitu menguasai pendidikan islam karena dari SD sampai SMK sekolahanku semuanya Negeri dan di negeri hanya diajarkan agama islam tidak begitu memperdalam. banyak teman dari lulusan Pondokan yang sholeh dan sholehah dan ada juga yang sudah hafal al-quran 30 jus “SUBHANALLAH”, sedangkan aku? Aku hanyalah anak biasa yang tidak bigitu mendalami agama islam, aku minder dengan mereka aku tidak percaya diri di MEC ini, aku merasa orang yang jahiliayah disini.

pernah aku menangis karena hafalanku tidak memenuhi target disaat mau liburan kemarin sungguh aku malu dengan teman yang lain disaat menangis, tapi ya bagaimana aku takut jika tidak pulang ke Ngawi, Soalnya Ibuku sudah mengharapkan aku pulang dan aku pun sudah kangen dengan keluargaku dirumah.

Oh iya ini juga pengalamanku yang paling lucu saat di asrama yaitu sholat khusyuk ala anak MEC jadi kan anak MEC bangun pagi itu jam 03.00  untuk melaksanakan sholat tahajud, entah aku sadar atau tidak sadar aku melaksanakan sholat tahajud diatas kasur. Keesokan paginya saat dzan subuh berkumadang egh ternyata aku ketiduran disaat masih posisis sujud hahhaha mungkin kasur itulah yang menyebabkan sholatku kekusyukan sampek- sampek ketiduran. teman- temanku pun tertawa terpingkal – pingkal saat aku bangun mereka memang sengaja tidak membangunkan aku.

Pengalaman di MEC Surabaya (Entrepreneur)

DSC_0895
Entrepreneur jualan krupuk

Pengalaman di MEC Surabaya – rogram yang membuat kita tahu apa arti kehidupan yang sesungguhnya, apakah itu?? Yaitu “ENTREPRENEUR” jarang sebuah lembaga pendidikan mengadakan kegiatan tersebut hanya MEC inilah yang ada, dari entrepreneur tersebut aku mendapatkan banyak pelajaran kehidupan, ternyata mencari uang itu susah aku sangatlah menyesal karena aku dahulu hanya bisa meminta dan meminta kepada ibu, sedangkan ibuku seorang diri sebagai penompang kehidupan keluargaku, sekarang aku sudah merasakan bagaimana menjadi posisis ibuku, maafkan aku ibu. Ibuku yang bekerja keras mencari uang untuk mencukupi dan aku hanya bisa menghabiskanya saja.

inilah beberapa jepretan yang saya abadikan…..

Pengalaman di MEC Surabaya is the Best 

IMG_0485
Tahun Baru hijriah – 21 September 2017
IMG_2072
wisuda Angkatan 12 – 23 Oktober 2017
DSC_0093
Outbond Coban Rondon – 22 November 2017
DSC_0183
Kerja Bakti Maulid Nabi – 4 Desember 2017

Tinggalkan komentar